PT. Hawk Teknologi Solusi

Silahkan Cari Disini

Selasa, 15 April 2008

Menangkap MRTG dari Queue Simple Mikrotik dengan Cacti

Artikel ini saya buat berdasarkan pencerahan dari Mas Priyo Suyono AKA icals yang bisa dihubungi melalui email: priyo at datautama dot net dot id yang merupakan Operation Manager Datautama Semarang, tentang bagaimana membuat grafik MRTG dari Simple Queue Mikrotik di Cacti.

Cacti sendiri adalah semacam Content Management System tapi khusus mengatur grafik MRTG yang biasanya sangat dibutuhkan oleh para perusahaan yang menjadi pelanggan DatautamaNet.

Berikut adalah step-by-step membuat grafik MRTG dari simple queue Mikrotik di Cacti, saya berasumsi bahwa aplikasi cacti sudah berfungsi dengan baik dan benar.

Langkah-langkahnya adalah sbb:

Setelah login ke Cacti sebagai admin kemudian klik "Data Source" kemudian klik "Add" yang berada pada kanan atas dibawah (logout)


Pada "Selected Data Template" pilih "MT-SQ-down" dan host adalah mikrotik dimana simple queue tersebut berada, oh ya sebelumnya sebaiknya buat dulu grafik MRTG dari SNMP host/router/bridge Mikrotik bersangkutan, dalam contoh ini host yang saya pilih adalah "Limiter International Surabaya"


Kemudian klik "Create"
Nah untuk mengisi data-data yang diperlukan kita perlu mengetahui "oid" dari simple queue yang akan dibuat grafik MRTG nya, oid ini bisa diperoleh dengan cara login ke winbox lalu menggunakan new terminal ketik:

/queue simple
print
print oid

mengapa harus print dulu baru print oid , tujuannya untuk memastikan bahwa oid yang akan di pakai sesuai dengan simple queue yang dimaksud.


Pada contoh ini kita akan membuat grafik MRTG dari simple queue urutan ke 5
Ok kita kembali ke cacti, setelah langkah sebelumnya kita klik "create" maka selanjutnya akan muncul tampilan sbb:


Sebagai contoh pada field "Name" saya isi "International - DKNET - In"
"Data Source Path" saya tidak rubah
"Internal Data Source Name" saya ganti jadi _downloaddknet
dan "OID" saya copy dari winbox yang saya sudah print oid utk simple queu yang dimaksud dimana yang dimasukkan disini adalah oid dari bytes=in=.1.3.6.1.4.1.14988.1.1.2.1.1.8.6
yang dimasukkan ke filed "OID" hanya 1.3.6.1.4.1.14988.1.1.2.1.1.8.6 tanpa titik didepannya.
Kalau sudah klik "Create" atau "Save"



ulangi lagi hal yang sama untuk "Selected Data Template" pilih "MT-SQ-up" dan isi "OID" dari bytes=out sepeti contoh dibawah ini:


sehingga dihasilkan International DKNET-In dan DKNET-out


Berikutnya klik "Graph Management" dan pilih "Filter by host" pada mikrotik dimana simple queue tersebut berada.

Kemudian klik "Add" pada kanan atas dibawah (logout)

Kemudian pilih "Selected Graph Template" dengan "Mikrotik - Simple Queue" lalu klik "Create" sehinggu muncul tampilan sbb:


Sebagai contoh saya isi Title dengan "International - DKNET" lalu saya pilih "Download Data Source" dengan "International - DKNET - In (_downloaddknet)" dan "Upload Data Source" dengan "International - DKNET - Out (_uploaddknet)" yang sebelumnya sudah kita buat pada melalui "Data Source". lalu klik "Create" atau "Save" dan hasilnya adalah sbb:


Selanjutnya Grafik tersebut dapa di tempatkan pada "trees" yang diinginkan agar dapat diakses oleh user tersebut saja. Saya tidak jelaskan disini dengan asumsi pembaca sudah biasa menggunakan cacti untuk memanage grafik-grafik MRTG pelanggan.

Adapun contoh hasil MRTG dari Simple Queue Mikrotik adalah sbb:


Ternyata Mas Icals pencerahannya baru sebagian, jadi supaya Cactinya bisa ada template MT-SQ-down dan MT-SQ-up harus import script templatenya melalui menu "Import Templates" di Cacti, scriptnya bisa di peroleh dari
http://karns.web.id/

Catatan Tambahan:

http://rtrw.net/linux/%28how-to%29graphing-simple-queue-mikrotik-menggunakan-cacti/?action=printpage

update script example:

http://tajidyakub.net/etc

http://forum.mikrotik.com/viewtopic.php?p=5127&sid=8a886f08c5466ba354a3b375ea8ff467

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah Pencerahannya Baguss dan dalam.. apa ada yg lebih mudah.. misal bikin grafik mrtg dgn mikrotik saja.. untuk masing2 PC di bawahnya.. Trim's
s_putra_01@yahoo.co.id

erwin_w14 mengatakan...

Hai, saya sudah setting cati dan sudah Ok tapi ada masalah nih, grafiknya tidak muncul. jadi dari 12 mikrotik yang ditarik datanya yang mucul grafiknya cuma ada 3 grafik, punya solusi ga mas ?? ada yang kasih masukan katanya harus dirouting dulu, sya jadi bingung nih, padahal di ping ke mikrotik yang dipantau dah ok