PT. Hawk Teknologi Solusi

Silahkan Cari Disini

Sabtu, 10 Mei 2008

ZEROSHELL live cd router

Bermula dari rencana mengganti router mikrotik kantor jakarta dengan komputer IBM Netvista dari mas priyo yang ternyata tidak ikhlas kalau harddisk nya di babat karena ada konfigurasi SIP Server.

Semula mau coba mikrotik booting lewat USB, percobaan pertama sukses menggunakan USB 1GB tapi kan sayang-sayang tuh jadi coba pake USB 128MB hadiah dari vendor eh ternyata bermasalah akhirnya cari-cari live+cd+router di google.com dan akhirnya didapat ZEROSHELL yang merupakan router live cd berbasis linux.

cara instalasinya mudah saja download file iso nya lalu burn di cd kemudian booting komputer menggunakan live cd tersebut , selanjutnya konfigure ZEROSHELL lewat browser ke ip defaultnya 192.168.0.75/24 dengan user=admin , pass=zeroshell kemudian setup networknya dan fitur-fitur yang dibutuhkan seperti dhcp server, qos dll.

yang menarik konfigurasinya bisa di simpan di USB jadi kalau di reboot setinggannya tidak hilang karena ZEROSHELL akan membaca konfigurasi yang active dari USB tersebut.

Tapi ini bagian yang paling menyebalkan karena caranya mesti buat database dulu di USB terus copy konfigurasi yang sudah kita buat baru aktifasikan file database yang berisi konfigurasi yang telah kita buat. atau bisa juga di backup filenya jadi simpan di komputer kerja admin, kalau sewaktu-waktu dibutuhkan bisa di save ke USB, pengalaman lebih baik USB di format menggunakan ext3 , kalau pake vfat (FAT) format windows file databasenya jadi bengkak ukurannya.

berikut adalah tampilan ZEROSHELL router yang digunakan di kantor



Web ZEROSHELL bisa diakses di http://www.zeroshell.net/eng


Jadi kalau mau ngirit manfaatin PC bekas buat router dikantor ZEROSHELL bisa jadi alternatif murah meriah.

Sayangnya saya belum berhasil untuk setingan QoS nya mungkin hanya efektif di mode bridge.

1 komentar:

edwidianto mengatakan...

Saya pun coba membongkar ZeroShell ini mas untuk support CDMA EVDO.
::eko didik widianto